Di Indonesia, Tidak Ada Larangan Penumpang Bawa Laptop dan Ponsel ke Kabin Pesawat

ILUSTRASI  Sejauh ini belum ada larangan bagi penumpang membawa barang elektronik seperti laptop atau ponsel ke kabin pesawat yang terba...

Di Indonesia, Tidak Ada Larangan Penumpang Bawa Laptop dan Ponsel ke Kabin Pesawat
ILUSTRASI 

Sejauh ini belum ada larangan bagi penumpang membawa barang elektronik seperti laptop atau ponsel ke kabin pesawat yang terbang di wilayah hukum Indonesia.

“Barang-barang elektronik bisa dibawa di kabin pesawat. Namun demikian barang elektronik yang akan dibawa ke kabin pesawat terbang harus diperiksa ketat," ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso seperti dikutip dari Laman Setkab.go.di, Minggu (2/4/2017).

Pemeriksaan terhadap barang elektronik tersebut menurutnya, harus sudah dilakukan di dalam bandara sebelum penumpang naik ke dalam pesawat.

Ia tekankan, pengamanan terhadap barang-barang yang berpotensi dapat menganggu keselamatan penerbangan harus diperketat. Termasuk diantaranya terhadap barang elektronik yang akan dibawa ke dalam kabin pesawat.

Tindakan pengamanan yang lebih ketat sebelumnya sudah dilakukan oleh Pemerintah Amerika Serikat, Kanada dan Inggris terhadap beberapa penerbangan maskapai tertentu dari bandara di negara tertentu di Timur Tengah dan Turki menuju bandara di Amerika Serikat, Kanada dan Inggris.

Yaitu, pelarangan membawa laptop (komputer jinjing) dan barang elektronik yang lebih besar dari telepon genggam (handphone) dalam kabin pesawat.

Namun sampai saat ini Pemerintah Indonesia belum memiliki aturan mengenai larangan membawa laptop dan barang elektronik yang lebih besar dari telepon genggam (handphone) ke dalam kabin pesawat.

“Untuk saat ini barang-barang elektronik tersebut boleh dibawa ke kabin namun harus dikeluarkan dari tas dan diperiksa melalui mesin X-Ray,” jelasnya.

Melalui akunnya di twitternya @djpu151, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara menjelaskan, barang elektronik yang akan dibawa penumpang ke dalam pesawat terbang harus diperiksa dengan ketat dengan X-Ray dan juga secara manual.

“Laptop dan barang elektronik lainnya dengan ukuran yang sama harus dikeluarkan dari tas/bagasi dan diperiksa melalui mesin X-Ray,” isi cuitan Ditjen Perhubungan Udara itu.

Jika dalam pemeriksaan menggunakan mesin X-Ray tersebut masih membuat ragu X-Ray operator, lanjut ciutan itu, baru akan dilakukan pemeriksaan manual.

Pemeriksaan barang elektronik secara manual yang akan dilakukan petugas adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Calon penumpang/pemilik barang harus menghidupkan perangkat elektronik tersebut;

2. Calon Penumpang/Pemilik barang elektronik akan diminta mengoperasikan perangkat elektronik tersebut;

3. Personel keamanan penerbangan akan mengawasi dan melihat hasil pemeriksaan dari perangkat tersebut.

“Jadi sekali lagi, TIDAK ADA larangan membawa laptop atau perangkat elektronik ke kabin pesawat. Pemeriksaanya saja yg lebih diperketat,” bunyi cuitan Ditjen Pehubungan Udara yang diunggah pada Sabtu (1/4/2017) kemarin.

Secara terpisah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui akun twitter @kemenhub151 juga menegaskan, tidak adanya larangan membawa laptop/hp ke kabin pesawat itu. Yang benar adalah mewajibkan setiap penumpang yang membawa laptop dan barang elektronik lainnya untuk mengeluarkan benda-benda tersebut dari tas dan diperiksa dengan X-Ray.

“Jangan kaget kalau di bandara nanti pemeriksaannya akan lebih ketat. Ini untuk keselamatan dan keamanan kita bersama,” tegas Kemenhub dalam akunnya di twiter.

Kemenhub mengimbau masyarakat yang menggunakan jasa angkutan udara agar mengusahakan untuk tiba di bandara jauh lebih awal, karena kemungkinan pemeriksaan tersebut akan sedikit memakan waktu sehingga terjadi antrean.

“Jadi di sini tidak ada pelarangan membawa laptop atau barang elektronik lainnya ke kabin pesawat, hanya pemeriksaannya yang diperketat,” sebut Kemenhub.


sumber: tribunnews.com

COMMENTS

Kejar Point
Nama

Aplikasi Komputer,7,Aplikasi Online,6,Baja Ringan,6,Beton,9,Brosur,6,Cat,11,Dinding,9,Ekonomi,6,Fenomena,11,Game Komputer,5,Inspirasi,21,Kamar Mandi,8,Katagambar,7,Keramik,10,Kesehatan,13,Kuliner,6,Layanan Online,5,Pembelajaran,6,Pintu-Jendela,11,Platfon,8,Plumbing,8,Pondasi,8,Sains,11,Teknologi,10,Tools,4,Videoplus,14,Wanita,9,
ltr
item
MTM Express: Di Indonesia, Tidak Ada Larangan Penumpang Bawa Laptop dan Ponsel ke Kabin Pesawat
Di Indonesia, Tidak Ada Larangan Penumpang Bawa Laptop dan Ponsel ke Kabin Pesawat
https://3.bp.blogspot.com/-bSb69oRoZsM/WU4RobhXRXI/AAAAAAAAAcw/Ioms8OBlIxIl1qQNDyBaipKr43TvTgnHACLcBGAs/s320/Di%2BIndonesia%252C%2BTidak%2BAda%2BLarangan%2BPenumpang%2BBawa%2BLaptop%2Bdan%2BPonsel%2Bke%2BKabin%2BPesawat.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-bSb69oRoZsM/WU4RobhXRXI/AAAAAAAAAcw/Ioms8OBlIxIl1qQNDyBaipKr43TvTgnHACLcBGAs/s72-c/Di%2BIndonesia%252C%2BTidak%2BAda%2BLarangan%2BPenumpang%2BBawa%2BLaptop%2Bdan%2BPonsel%2Bke%2BKabin%2BPesawat.jpg
MTM Express
http://www.marketbangunan.com/2017/06/di-indonesia-tidak-ada-larangan.html
http://www.marketbangunan.com/
http://www.marketbangunan.com/
http://www.marketbangunan.com/2017/06/di-indonesia-tidak-ada-larangan.html
true
5337294106487128344
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy